Minggu, 07 November 2010

PASAR MENURUT UKURAN-UKURAN LAINNYA

 Pasar menurut ukuran-ukuran lainnya
Menurut ukuran-ukuran yang lainnya pasar dapat di bedakan menjadi empat macam yaitu ;
a. Ukuran secara geografis :
 Pasar internasional,
Pasar yang memiliki akses/pengaruh terhadap lebih dari satu negara, artinya pasar itu dapat melampaui wilayah geografis suatu negara. Contoh dari pasar ini adalah pasar Cokelat di Swiss, karena pasar ini menjual komoditi khas ke seluruh negara bagian baik Eropa, Asia dan negara-negara bagian lainnya. Serta pasar ini memiliki pengaruh terhadap negara-negara yng bersangkutan.

 Pasar daerah ( regional )
pasar ini memiliki kegiatan permintaan dan penawaran barang/jasa dalam batas-batas suatu daerah tertentu dalam suatu negara. contoh Pasar buah Markisa dan sirup markisa di Pontianak
Pasar ini termasuk kedalam pasar daerah ( regional ) karena merupakan pasar yang memiliki kegiatan permintaan dan penawaran barang/jasa dalam batas-batas suatu daerah tertentu dalam suatu negara. Selain itu pasar ini khusus menjual komoditas yang kurang ataupun tidak tersedia di tempat/daerah lain.

 Pasar setempat ( lokal )
Pasar dengan batas geografis yang lebih sempit lagi dari pasar daerah dan khusus mengenal suatu kota atau bagian kota. Luas daerahnya tercakup dalam suatu permintaan dari suatu komoditi tersebut.
Contoh dari pasar ini adalah gudang lelang di lampung, disini penjualan ikan hanya ada di Bandar lampung dan memenuhi permintaan disekitar Bandar lampung saja.

b. Ukuran secara barang/jasa :

 Pasar barang
Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Contoh dari pasar ini adalah pasar kebayoran lama di Jakarta, pasar ini memperjual belikan barang-barang rumah tangga, pakaian, dan lain-lainnya.
Contoh pasar lainnya adalah pasar mobil (Mitsubishi corporation ) di Jepang, pasar mobil ini termasuk dalam pasar barang di karenakan pasar ini memperjual-belikan mobil yang telah diproduksi oleh perusahaan tersebut.

 Pasar bahan mentah
Contoh pasar ini adalah pasar kayu putih di Ambon, pasar ini biasanya menyediakan bahan baku yang di perlukan untuk pembuatan minyak kayu putih, baik itu di suplay secara langsung kepada perusahaan/rumah produksi yang memproduksi kayu putih menjadi minyak kayu putih .

pasar jasa-jasa
Pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan. Jasa tidak dapat dipegang dan dilihat secara fisik karena waktu pada saat dihasilkan bersamaan dengan waktu mengkonsumsinya. Contoh dari pasar ini adalah Bursa Efek Jakarta ( BEJ ) di Jakarta, karena BEJ menjual jasa dalam bentuk informasi nilai saham setiap waktunya kepada para investor maupun pengusaha/pebisnis, sehingga para investor,pengusaha/pebisnis dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang nilai saham.






c. Ukuran secara batas negara :

Pasar dalam negeri
Pasar ini di lihat dari batas-batas negara yang melakukan transaksi ( permintaan dan penawaran ). Contoh dari pasar ini adalah pasar Rawa Belong di Jakarta, pasar ini masuk dalam pasar domestic karena pasar ini melayani permintaan di luar daerah Jakarta, khususnya permintaan di daerah sekitar Indonesia.
Jika di lihat dari ukuran menurut batas negara BEJ termasuk kedalam pasar dalam negeri ( domestic ), dikarenakan berdasarkan batas-batas negara, serta seluruh investor dan pengusaha/pebisnis menjadikan BEJ sebagai pusat informasi nilai saham yang ada di Indonesia khususnya.

Pasar luar negeri
Contoh dari pasar ini adalah pasar kerajinan ( meja catur batik ) di karang anyer jawa tengah. Di kategorikan sebagai pasar luar negeri karena pasar ini permintaan datang dari daerah Bandung, Makasar, Solo dan permintaan dari berbagai negara seperti China, India, Belanda dan lain-lain.


d. Ukuran secara waktu :

 Pasar jangka sangat pendek
Pasar tempel di Korpri, pasar ini tidak memiliki waktu untuk memperbanyak/memproduksi kembali permintaan konsumen jika barang yang di tawarkan/di jualnya habis dikarenakan keterbatasan waktu, persediaan akan barang tersebut tidak di miliki.




 Pasar jangka pendek
Contoh dari pasar ini adalah pasar central di Kotabumi, pasar ini masuk dalam pasar jangka pendek karena pasar ini jika di lihat dari pemenuhan kebutuhan/permintaan pasar ini dapat atau ada kesempatan untuk menambah volume komoditi yang di perdagangkan sesuai dengan permintaan, tetapi memiliki batas yang disesuaikan oleh kapasitas maksimum dan faktor produksi yang ada.

 Pasar jangka panjang
Contoh dari pasar ini adalah pasar kerajinan ( los kulit ) di Bantul, pasar ini masuk dalam poasar jangka panjang karena pasar ini jika di lihat dari segi pemenuhan permintaan dapat memenuhi setiap penambahan permintaan, hal ini pun dikarenakan ada jangka waktu ( memiliki waktu yang lebih panjang ) untuk menambah prooduksi sehingga penawaran dapat menyesuaikan permintaan. Sehingga terjadinya hubungan pada tingkat harga.

1 komentar: