Kamis, 13 Oktober 2011

Perilaku konsumen



MANFAAT IKAN SARDEN UNTUK KESEHATAN

I.                   PENDAHULUAN

1.1  LatarBelakang
Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlahspesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv, bjn), jukut (vkt).
Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.
Ikan adalah sumber makanan yang penting. Hewan air lain, seperti moluska dan krustasea kadang dianggap pula sebagai ikan ketika digunakan sebagai sumber makanan. Menangkap ikan untuk keperluan makan dalam jumlah kecil atau olah raga pancing sering disebut sebagai memancing. Hasil penangkapan ikan seluruh dunia setiap tahunnya berjumlah sekitar 100 juta ton pertahun.
Sarden merupakan ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies dari famili Clupeidae. Ikan ini mampu bertahan hingga kedalaman lebih dari 1.000 meter. Ikan ini cocok digunakan sebagai makanan dihidangkan dengan saus cabe atau saus tomat. Beberapa spesies mackerel yang lebih besar, seperti mackerel sirip biru (bluefin mackerel), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Sarden adalah ikan yang memiliki nilai komersial sedang.

1.2  Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah:
1.      Mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen terhadap produk
2.      Mengenal perilaku konsumen























II.                PEMBAHASAN

Didirikan oleh Mr. Prayitno pada tahun 1970 dan berlokasi di Desa Cupel – Negara Bali, Indonesia. Kami merupakan pioneer pertama dalam industri pengolahan ikan modern di Bali, Indonesia.
Kami bergerak dalam bidang pengolahan hasil laut yaitu : Pengalengan ikan sarden, pembuatan tepung ikan dan pembuatan minyak ikan. Produk-produk sarden kaleng kami antara lain : sarden PALAPA, Sarden DJITU, Sarden SUMO, sarden BERLIAN, sarden MASTER , sarden MILLION dan sarden FISHER. Sarden hasil produksi kami sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat, bergizi tinggi, bervariasi, juga sangat Praktis dalam penyajiannya. Tepung ikan hasil produksi kami digunakan sebagai bahan utama untuk pakan ternak, sedangkan minyak ikan digunakan sebagai bahan tambahan untuk produk makanan dan suplemen.
Pabrik kami berlokasi tepat di tepi laut ,hal ini sangat menjamin bahwa ikan-ikan yang kami gunakan adalah ikan yang masih sangat segar tanpa proses pengawetan dengan bahan kimia. Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan juga merupakan bahan-bahan alami dan segar.
Proses pengolahan yang kami lakukan mengikuti seluruh prosedur pengolahan yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI dengan teknologi tinggi, Semua produk kami juga telah mendapat sertifikat dari Dep. Kes RI/ BPOM dan juga sertifikat “HALAL”.

Nilai Tambah PT. SUMINA EKSTRAKSINDO:
  • Profesional : Dikelola dengan professional dan menjunjung tinggi integritas.
  • Competitive : Kami selalu siap berkompetisi untuk menciptakan produk bermutu dengan harga bersaing.
  • Customer foscused : Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.
Qualified : Selalu menjaga produk-produk yang dihasilkan bermutu dan berkualitas tinggi.
PT. SUMINA EKSTRAKSINDO memproduksi ikan sarden dalam saos tomat dan dalam saos tomat dan cabe. karena perusahaan kami berlokasi tepat di tepi laut , maka hal ini menjamin bahwa ikan-ikan yang kami gunakan adalah ikan yang masih sangat segar tanpa proses pengawetan dengan bahan kimia.
Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan juga bahan-bahan alami dan segar. Proses pengolahan ikan sarden kami mengikuti seluruh prosedur pengolahan yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI dengan teknologi tinggi, sehingga sangat aman dikonsumsi, selain rasanya yang lezat dan bergizi , juga sangat praktis dalam penyajiannya (Dikemas dalam kaleng higienis).
Sarden produksi kami terdiri dari 2 (dua) macam ukuran, yaitu 155 gram dan 425 gram, dikemas dalam kardus. Satu kardus berisi 50 kaleng sarden ukuran 155 gram dan dapat berisi 24 kaleng sarden ukuran 425 gram.
Tepung ikan adalah tepung yang terbuat dari ikan yang dikeringkan dan dihancurkan. Tepung ikan biasanya digunakan sebagai makanan dan suplemen hewan. Tepung ikan produksi kami memiliki kandungan protein yang tinggi (60%).
Ikan sarden dikenal memiliki kandungan Omega 3 lebih banyak dari jenis ikan lautl ainnya. Bahan pangan memiliki korelasi yang sangat erat dengan kualitas sumberdaya manusia.  Di daerah yang kesadaran masalah gizinya tinggi biasanya memiliki kualitas sumberdaya manusia yang lebih baik, ContohnyaJepang yang orang-orangnyadikenalmemilikikecerdasan yang tinggi.  Di negerisakurainisetiap orang mengkonsumsiikansetiap harinya yang dihidangkan enganbumbu dan cara masak yang bervariasi. Demikian juga sekolah-sekolah di Inggris yang menganjurkan siswanya untuk mengkonsumsi ikan lebih banyak. Semakin banyak makan ikan juga berdampak pada menurunnya tekanan darah sistolik, memperlancar gula darah, kolesterol, dan trigliserida.
Dari jenis-jenisikan yang ada, ikansardendikenalmemilikikandungan omega 3 yang lebih kaya.Omega 3 dapatmeningkatkankecerdasan, mencegahpenyakit, mencegahpenyumbatanpembuluhdarah yang dapatmengakibatkanpenyakitjantung.Untukjanindalamkandungan, omega 3 sangatberperandalampembentukansel-selpembuluhdarahdanjantungbayi.Selain Omega 3, ikansardenjugamemilikikandungan-kandungan lain yang sangatbermanfaatbagitubuh, diantaranya:
·         Protein baikuntukPertumbuhandanperkembangansel-seldalamtubuh
·         Yodiumberfungsimencegahpenyakit GONDOK (kalenjar Thyroid).
·         Calcium: sangatbaikuntukKesehatantulangdangigi
·         zatbesimampumembantumencegahpenyakit anemia
·         vitamin( A, C, D, E, K) sangatbaikuntukkesehatantubuh.
Kesadaranmanfaatmakanikanmasyarakat Indonesia masihsangatrendah, sampai-sampaipemerintahmenggalakkan program “KAMPANYE GEMAR MAKAN IKAN”, halinisangatbaikuntukmeningkatkankecerdasandankesehatanmasyarakat Indonesia. Untukmemberikankontribusikepadapemerintahmaka kami semakinmemperluaspemasaranmerek-mereksarden kami yaitu PALAPA, JITU, SUMO di Indonesia.Supayasemua orang di Indonesia dapatmengkonsumsiikansardendalamjumlah yang cukup.
Produk-produk sarden diproses dan dikemas dengan teknologi tinggi sehingga menjamin keaslian rasa, cita rasa yang tinggi dan kandungan gizi yang tetap terjaga dengan baik.
Dalam kaitannya dengan pengaruh pengetahuan konsumen terhadap pembelian suatu produk, maka Secara umum, pengetahuan dapat didefinisikan sebagai informasi yang disimpandi dalam ingatan. Himpunan bagian dari informasi total yang relevan dengan fungsi konsumen di dalam pasar disebut pengetahuan konsumen.
Pengetahuan konsumen di dalam, yaitu:
A.      Pengetahuan Produk
Pengetahuan produk mencakupi:
1. Kesadaran akan katagori dan merek produk di dalam katagori produk.
2. Terminologi produk
3. Atribut atau ciri produk
4. Kepercayaan tentang katagori produk secara umum dan mengenai merek spesifik.
Informasi pengetahuan produk dapat diperoleh melalui analisis kesadaran konsumen dan citra dari merek.
a. Analisis Kesadaran
Hal yang lazim untuk menilai kesadaran merek adalah ukuran kesadaran “puncak pikiran.” Merek yang akrab dengan konsumen merupakan perangkat kesadaran (awareness net). Jelaslah, sulit untuk menjual produk yang “tidak dikenal.” Sebagai akibatnya, sasaran pemasaran yang penting adalah memindahkan merek ke dalam perangkat kesadaran. Peningkatan kesadaran adalah sasaran utama dari iklan yang muncul.
• Contoh: konsumen akan lebih mudah menyebutkan merek pasta gigi tertentu karena iklannya yang menarik dari segi konsep iklan, yang bercerita mengenai ayah dan anak sedang menggosok gigi dan si anak di takut-takuti dengan adanya monster yang akan menyerang gigi bila malas gosok gigi.

b. Citra Merek
Pemasar juga berkepentingan dengan kepercayaan yang dianut oleh konsumen dan menentukan suatu citra merek. Pemeriksaan pengetahuan konsumen mengenai sifat objek dikenal sebagai analisis citra (image analysis).
• Contoh: produsen sabun cuci bubuk yang menempatkan produknya sebagai sabun cuci bubuk yang ampuh menghilangkan noda, mencerahkan warna pakaian, serta memutihkan pakaian yang kusam dibandingkan produk sabun cuci bubuk lain.

B.      Pengetahuan Harga
Salah satu aspek pengetahuan produk yang patut di khususkan adalah aspek yang melibatkan harga produk.
Keputusan penetapan harga oleh eksekutif pemasaran mungkin pula bergantung kepada persepsi mereka mengenai berapa baik konsumen mendapatkan informasi mengenai harga. Pemasar akan lebih dimotivasi untuk menekan harga dan berespons terhadap potongan harga kompetitif bila mereka percaya konsumen banyak mengetahui tentang harga yang ditetapkan di dalam pasar.
Sebaliknya, tingkat pengetahuan yang rendah mengenai harga memungkinkan pemasar kurang memperhatikan tentang perbedaan harga yang berarti sehubungan dengan pesaing. Bila konsumen sebagian besar tidak mengetahui tentang perbedaan harga relatif., pemasar dapat mengeksploitasi ketidaktahuan ini melalui harga yang lebih tinggi.

C.      Pengetahuan Pembelian
Mencakupi bermacam potongan informasi yang dimiliki konsumen yang berhubungan erat dengan pemerolehan produk. Dimensi dasar dari pengetahuan pembelian (purchase knowledge) melibatkan informasi berkenaan dengan:
1. Keputusan tentang dimana produk tersebut harus dibeli
Masalah mendasar yang harus diselesaikan oleh konsumen selama pengambilan keputusan adalah dimana mereka harus membeli suatu produk. Banyak produk dapat diperoleh melalui saluran yang sangat berbeda. Sabun cuci, misalnya, dapat dibeli dengan mengunjungi pasar tradisional, toko eceran, maupun supermaket.
Pengetahuan pembelian juga mencakup informasi yang dimiliki konsumen mengenai lokasi produk di dalam lingkungan eceran. Satu aspek dari pengetahuan lokasi ini melibatkan informasi konsumen mengenai toko mana yang menjual produk mana. Satu lagi dimensi lain berhubungan dengan pengetahuan mengenai dimana produk tersebut sebenarnya terletak didalam toko.
Pengetahuan mengenai lokasi produk di dalam toko dapat mempengaruhi perilaku pembelian. Bila konsumen tidak akrab dengan sebuah toko, maka konsumen lebih mengandalkan informasi di dalam toko dan peraga untuk mengidentifikasi lokasi produk. Pengolahan stimulus dalam toko yang meningkat mungkin mengaktifkan kebutuhan atau keinginan yang sebelumnya tidak dikenali, sehingga menghasilkan pembelian yang tidak direncanakan.

2. Kapan pembelian harus terjadi
Kepercayaan konsumen mengenai kapan membeli adalah satu lagi komponen yang relevan dari pengetahuan pembelian. Konsumen yang mengetahui bahwa suatu produk secara tradisional dijual selama waktu tertentu mungkin menunda pembelian hingga waktunya tiba.

D.      Pengetahuan Pemakaian
Pengetahuan pemakaian (usage knowledge) mencakupi informasi yang tersedia di dalam ingatan mengenai bagaimana suatu produk dapat digunakan dan apa yang diperlukan agar benar-benar menggunakan produk tersebut. Konsumen mungkin mengetahui untuk apa sebuah kompor listrik dapat digunakan, tetapi tidak mengetahui bagaimana mengoperasikan produk tersebut.
Kecukupan pengetahuan pemakaian konsumen penting karena berbagai alasan. Pertama, konsumen tentu saja lebih kecil kemungkinanya membeli suatu produk bila mereka tidak memiliki informasi yang cukup mengenai bagaimana menggunakan produk tersebut. Upaya pemasaran yang dirancang untuk mendidik konsumen tentang bagaimana menggunakan produk pun dibutuhkan.
Penghalang serupa bagi pembelian terjadi bila konsumen memiliki informasi yang tidak lengkap mengenai cara-cara yang berbeda atau situasi dimana suatu prodk digunakan. Penemuan kemampuan aspirin untuk mengurangi resiko serangan jantung mendorong Bayer untuk menginformasikan konsumen mengenai pemakaian obat ini.




1 komentar:

  1. Terima kasih untuk adik siti, yang sudah membantu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya konsumsi Ikan, terutama lemuru yang kaya akan omega-3.

    BalasHapus